Selasa, 30 Januari 2018

Tiket Masuk, Lokasi dan Rute Menuju Coban Glotak Malang

coban glotak
Coban Glotak Malang

Tiket Masuk, Lokasi dan Rute Menuju Coban Glotak Malang - Coban ini letaknya di Lereng Gunung Kawi, Malang, atau tepatnya di Desa Bedalisodo. Jika ditempuh dari pusat kota akan memakan waktu kurang lebih dua jam untuk sampai di desanya saja, bukan ke lokasi air terjunnya. Karena, setelah berhenti di pemukiman terdekat untuk memarkir kendaraan, wisatawan masih harus berjalan menyusuri jalanan setapak yang tidak rata untuk sampai di coban tersebut.

Sebenarnya, kendaraan bisa saja dibawa naik ke tempat wisata yang satu ini, karena tersedia area parkir yang petugasnya jadi satu dengan penjaga gerbang masuk coban, tetapi staf Perhutani tersebut hanya bertugas sampai pukul lima sore. Tentu tidak memungkinkan bagi turis yang berniat untuk menginap. Namun, perjalanan tersebut terbayar lunas dengan panorama alam sekitar yang dipenuhi pepohonan hijau dan juga banyak tanaman cabai segar. Gerbang coban sendiri hanya berupa kayu panjang yang diletakkan dalam posisi horizontal. Sangat sederhana.

Di samping gerbang tersebut yang dijaga oleh petugas perhutani berusia lanjut, ada penjual aneka gorengan yang memanfaatkan cabai segar hasil memetik di sekitar coban. Selain gorengan, ibu-ibu tersebut juga menjual minuman berupa es kelapa muda yang segar. Cukup untuk mengembalikan tenaga setelah berjalan kaki sepanjang satu kilometer jauhnya, terlebih perjalanan dari gerbang kemudian masih berlanjut menyusuri medan yang kali ini agak curam dan banyak tanah longsor.
Penamaan Coban Glotak sendiri didasarkan pada suara “klotak-klotak” yang muncul akibat bebatuan yang turut jatuh bersama dengan curahan air terjun. Sebab itu, lebih baik pengunjung tidak berusaha mandi tepat di bawah guyuran air terjun karena sangat berbahaya. Udara sekitar sangat sejuk dan suasananya masih alami karena meskipun berada di bawah pengelolaan Perhutani, tidak banyak pembangunan yang dilakukan. Bahkan, toilet pun tidak ada. Sehingga, mau tidak mau, segala keperluan bergantung kepada sungai di bawah air terjun.

panorama coban glotak
Panorama Coban Glotak Dari Ketinggian

Wisatawan dibebaskan bila ingin menginap, tapi itupun dengan fasilitas seadanya dan tidur menggunakan tenda yang harus dibawa sendiri dari rumah. Tanah sekitar juga tidak terlalu rata sehingga mungkin kurang nyaman. Perbekalan makanan dan minuman juga harus dibawa dari rumah karena lewat pukul lima sore penjaga gerbang maupun ibu penjual gorengan sudah pulang ke rumah masing-masing.

Harga Tiket Masuk Coban Glotak Malang

Pengunjung dikenakan tarif Rp. 5.000,- per orang. Tiket masuk tersebut tergolong sangat murah jika melihat panorama alam yang disuguhkan benar-benar luar biasa. Hanya saja, diperlukan perjuangan yang lebih lagi untuk sampai di lokasi.

Lokasi Coban Glotak Malang

Coban ini terletak di Jalan Raya Coban Glothak, Gang I, Sukodadi, Dalisodo, Wagir, Malang, Jawa Timur. Kamu bisa melihat gambaran lokasi pada Peta Google di bawah ini.

Rute Menuju Coban Glotak Malang

Dari Kota Malang, langsung saja mengarah ke kawasan Wagir, tepatnya sampai di Desa Bedalisodo. Desa tersebut merupakan desa terakhir di kaki Gunung Kawi. Bila sudah sampai di desa tersebut, masih harus melakukan trekking dengan jalan kaki. Oh iya, di lokasi bagian atas dekat dengan wisata Coban Glotak sudah tersedia area parkir, hanya saja ada batas waktu, yaitu sampai jam 5 sore saja. Bila kamu berencana untuk bermalam di sana, maka kamu harus menitipkan motor di rumah warga.
Back To Top