Rabu, 31 Januari 2018

7 Tempat Wisata Alam Bandung Murah Meriah yang Patut Untuk Dikunjungi

wisata alam bandung murah meriah
Tempat Wisata Alam Bandung Murah Meriah yang Patut Untuk Dikunjungi

Tempat Wisata Alam Bandung Murah Meriah yang Patut Untuk Dikunjungi - Tidak diragukan lagi Bandung menjadi salah satu Kota Besar di Indonesia yang memiliki banyak sekali objek wisata alam yang indah dan patut untuk dikunjungi. Pemandangan alam yang indah menjadi suguhan utama wisata alam Bandung. Dan memang inilah yang menjadi buruan bagi wisatawan, terutama yang hobi mengunjungi tempat terbuka seperti kawasan perbukitan dan juga air terjun. Nah, Bandung wisata alamnya sangat diperhitungkan, sehingga menjadi daya tarik yang besar bagi wisatawan, tidak hanya wisatawan yang berasal dari Bandung saja, tetapi juga dari luar Kota Bandung banyak yang berbondong-bondong mengunjungi wisata alam Bandung pada saat liburan.

Bandung memiliki kawasan wisata alam yang nyaman banget, sebab banyak tempat wisata di kawasan dataran tinggi dengan suhu udara yang sejuk dan panorama alamnya sangat indah. Sehingga pas banget sebagai tempat berlibur yang asyik buat wisatawan. Wisata alam Bandung sangat bagus dikunjungi oleh para pekerja kantoran yang setiap harinya berada di perkotaan. Sebab, di perkotaan kondisinya lebih panas dan penat, sebab cuaca dan juga banyaknya kendaraan yang menyebabkan polusi udara. Oleh sebab itulah, biasanya masyarakat yang tinggal di perkotaan meluangkan waktunya ketika liburan dengan mengunjungi wisata alam Bandung.

Wisata alam Bandung menjadi destinasi liburan yang tepat sekali untuk menghilangkan kebosanan. Menikmati keindahan alam dengan segala kealamiannya sangat bermanfaat untuk membuat tubuh dan fikiran menjadi lebih rileks. Biasanya wisatawan akan mengunjungi objek wisata dengan menyesuaikan budget yang dimilikinya. Oleh karena itu, kami akan share tempat wisata alam bandung murah meriah yang menarik untuk kamu kunjungi sob, silahkan langsung simak daftar wisata alam Bandung murah meriah di bawah ini.

1. Kawah Putih Ciwidey

kawah putih ciwidey
Kawah Putih Ciwidey

Bandung menjadi salah satu kota yang memiliki banyak potensi alam didalamnya, maka tak heran jika mudah sekali menemukan objek wisata alam di kota parahyangan ini. salah satu objek wisata bandung yan cukup terkenal adalah kawah putih ciwidey yang berlokasi di ciwidey yang berjarak kurang lebih sekitar 50 km dari pusat kota Bandung. rute yang ditempuh untuk dapat menuju ke lokasi kawah putih ini terbilang cukup mudah, sehingga dapat di akses dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Kawah Putih dulu terbentuk akibat letusan gunung patuha , warna putih yang ada di kawah tersebtu berasal dari campuran belerang sehingga menjadikan air di kawah ini berwarna putih agak kehijauan. kawah putih berada diketinggian sekitar 2.400 mdpl. Para pengunjung di harapkan membawa jaket yang cukup tebal saat berada di kawah putih ini, karena memang suhu di sekitar kawah cukup dingin mencapai 8 hingga 22 derajat celcius.

Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih ciwidey memang terkenal akan keindahan alamnya, maka tak heran banyak wisatawan yang datang dari luar Bandung hingga mancanegara hanya untuk membuktikan keindahan kawah yang cukup populer tersebut. Di kawasan kawah putih juga sering dijadikan sebagai tempat berfotografi yang unik dan cantik. Di kawasan wisata Bandung ini terdapat beberapa fasilitas yang bisa digunakan oleh para pengunjung seperti restoran, warung makan, mushola, toilet, pusat informasi, tempar parkir yang luas dan sarana transportasi menuju lokasi.

Bagi anda yang berniat untuk menginap di sekitar kawah putih juga disediakan beberapa penginapan serta villa dengan fasilitas yang cukup memadai, kawah putih ciwidey buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.00. untuk tiket masuk di kawasan ini, para pengunjung cukup membayar Rp.17.000/orang untuk wisatawan lokal dan Rp.50.000 untuk wisatawan asing. Untuk biaya parkir di lokasi wisata ini juga cukup beragam karena terdapat 2 area parkir yakni parkir atas dan parkir bawah.

Untuk biaya parkir atas sebesar Rp.35.000 untuk motor dan Rp.150.000 untuk kendaraan mobil. sedangkan di parkiran bawah Rp. 5000 untuk kendaraan motor dan Rp. 6000 untuk kendaraan mobil.

2. Curug Cimahi

curug cimahi
Curug Cimahi

Anda sedang berada di Bandung untuk berlibur di akhir pekan? Anda bisa mengunjungi salah satu tempat wisata Bandung yang hits di media sosial yaitu Curug Cimahi. Curug dalam bahasa sunda dapat diartikan sebagai air terjun. Curug Cimahi ini terletak tidak pada daerah terpencil, malah letaknya dekat dengan universitas swasta di Bandung, hal ini lah yang mendasari mengapa Curug Cimahi ini selalu ramai pengunjungnya apalagi oleh anak muda di akhir pekan.

Berlibur di Curug Cimahi, Jawa Barat
Akses menuju Curug Cimahi ini tidak terlalu sulit, anda hanya harus menyusuri tangga yang sudah terawat dengan baik oleh pengelola setempat. Tangga nya memang cukup panjang dan melelahkan, namun tentu saja hal ini akan segera terbayarkan ketika anda tiba di inti wisata Curug Cimahi tersebut. Untuk masuk ke kawasan spot wisata ini, anda hanya akan dikenakan biaya Rp 15.000,- dan tiket parkir kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Curug Cimahi tidak hanya dapat dikunjungi di siang hari, namun anda juga dapat mengunjunginya di malam hari dengan nama yang berbeda, yaitu Air Terjun Pelangi. Ketika berkunjung di malam hari, menariknya anda akan melihat pemandangan air terjun yang berwarna-warni karena terdapat lampu khusus yang dipasang oleh pengelola tempat wisata tersebut. Fasilitas di Curug Cimahi juga sudah sangat memadai, cukup terawat, dan bersih akan sampah.

Curug Cimahi ini juga memiliki spot untuk berfoto yang sangat instagrammable! Terkadang spot wisata ini juga digunakan untuk foto pra wedding para pasangan yang akan menikah. Mengingat salah satu suara yang paling menenangkan di telinga dan di hati itu adalah suara percikan air terjun dari tebing yang tinggi, Curug Cimahi bisa menjadi destinasi terbaik untuk anda yang memang sedang merencanakan liburan ke tempat yang tenang dan bisa menghilangkan stress.

Curug Cimahi memiliki air yang cukup jernih sehingga anda bisa mencuci tangan atau bermain air di tempat ini, namun karena debit dan kecepatan air nya yang cukup tinggi para pengunjung di sarankan untuk tidak berenang atau bermain air dekat dengan sumber air terjunnya karena dikhawatirkan terkena percikan bebatuan yang terbawa dari tebing.

3. Curug Dago

curug dago
Curug Dago

Bagi yang senang menghabiskan waktu liburan untuk melakukan petualangan alam, maka wisata bandung Curug Dago yang satu ini tidak boleh sampai dilewatkan untuk dikunjungi. Berlokasi di dalam Taman Hutan Raya Ir. Djuanda, Curug Dago menawarkan sensasi panorama air terjun dengan medan yang cukup menantang karena letaknya yang cukup tersembunyi di dalam kawasan hutan lindung tertua di Indonesia tersebut. Untuk masuk dan menikmati pemandangan alam dari Curug Dago, wisatawan dikenakan retribusi berupa tiket masuk yang dipatok sebesar Rp. 10.000,- per orang.

Meskipun memiliki pemandangan alam yang indah, Curug Dago ini masih sangat kurang dari segi pengelolaan, walaupun wisatawan yang masuk dipungut retribusi cukup besar. Salah satu yang mencolok adalah air yang kini berwarna keruh akibat polusi lingkungan oleh sampah-sampah dari para penduduk yang tempat tinggalnya berada di daerah atas curug. Fasilitas di dekat Curug Dago pun sangat minim di mana wisatawan hanya akan mendapati toilet umum di dekat gerbang masuk taman yang lokasinya cukup jauh dari curug.

Ditambah lagi, medan yang tidak mudah dilalui untuk mencapai Curug Dago membuatnya menjadi kurang populer. Mayoritas pengunjung air terjun ini merupakan para pecinta alam sejati yang memang siap menempuh lintasan sesulit apa pun untuk mencapai lokasi wisata yang menawarkan pemandangan yang indah dan alami. Sebaiknya, berkunjung ke Curug Dago saat musim kemarau saja, karena jalanan relatif tidak licin, sedangkan saat musim kemarau dapat menimbulkan resiko kecelakaan. Terutama karena tidak adanya pegangan untuk diandalkan saat melalui lintasan menuju curug tersebut. 

Mengingat cuaca Bandung sendiri relatif dingin karena didominasi oleh dataran tinggi, temperatur di sekitar Curug Dago sendiri lebih dingin. Sehingga, wisatawan disarankan memakai pakaian yang cukup tebal agar hawa dingin sekitar tidak menusuk ke tulang yang kemudian akan berpotensi melemahkan imunitas tubuh dan kemudian memudahkan penyakit menyerang. Sebaiknya siapkan bekal makanan juga dari rumah karena di seluruh kawasan Taman Hutan Raya hanya ada penjual makanan ringan seperti kacang rebus dan gorengan, tidak ada menu makanan berat seperti nasi.

4. Ranca Upas

ranca upas
Ranca Upas

Wisata Ranca Upas adalah tempat wisata yang sangat indah. Sebenarnya wisata Bandung ini merupakan bumi perkemahan. Sehingga sangat cocok bagi teman traveller yang suka dengan kegiatan outdoor. Selain pemandangan yang sangat memukau, tempat wisata Bandung ini juga memiliki ketinggian sekitar 1700 mdpl. Dengan ketinggian tersebut tentu saja udara dingin yang akan menyelimuti tempat wisata ini. Dengan suhu dingin sekitar 18-23 derajat celsius akan menjadikan suasana camping lebih seru dan menyenangkan.

Dengan sebagian kecil yang sudah disampaikan diatas, maka sangat wajar jika bumi perkemahan Ranca Upas menjadi destinasi tempat camping terfavorit bagi penduduk Bandung maupun luar Bandung. Tempat wisata Bandung yang memiliki luas sekitar 210 Ha memiliki pemandangan hijau yang sangat indah. Masih banyak sekali hutan dan pepohonan. Sehingga sangat pas sekali untuk kegiatan berkemah. Untuk kegiatan berkemah, para pengunjung hanya perlu membayar sekitar Rp 10.000, setelah itu para pengunjung akan dibebaskan untuk memilih tempat untuk mendirikan tenda.

Kegiatan Alam Bebas di Ranca Upas
Namun tidak hanya berkemah yang bisa dilakukan ditempat ini. Karena di wisata Bandung ini masih banyak sekali hal yang bisa dilakukan. Karena ditempat ini juga berdiri Waterboom Ciwidey. Jadi akan semakin lengkap untuk melakukan wisata bersama keluarga ataupun teman. Untuk kegiatan apa saja yang bisa dilakukan akan kita jelaskan sebagai berikut.

Wahana Permainan
Tidak hanya berkemah, para pengunjung tempat wisata Bandung yang indah ini juga bisa melakukan aktivitas outdoor berupa wahana permainan. Karena di Ranca Upas juga terdapat banyak sekali permainan. Seperti, Flying Fox, Cargo Net, Water Ball dan Shake Stairs.

Penangkaran Rusa
Kegiatan lain yang bisa dikunjungi adalah berkunjung ke penangkaran rusa. Ditempat wisata Bandung ini juga terdapat 11 ekor rusa yang bisa berinteraksi langsung dengan pengunjung. Dengan membeli sekantong wortel para pengunjung bisa secara langsung memberi makan dan berinteraksi dengan rusa Jawa disana.

Semua hal yang sudah disebutkan diatas sebenarnya belum mewakili apa yang ada di Ranca Upas. Karena tempat wisata ini tidak hanya bisa dijelaskan dengan kata – kata. Jadi jika anda semua mulai tertarik dengan tempat wisata Bandung ini, maka jangan ragu untuk mempersiapkan diri dan langsung saja berangkat. Lalu nikmati semua keindahan yang ada ditempat ini.

5. Perkebunan Teh Rancabali

perkebunan teh rancabali
Perkebunan Teh Rancabali

Kawasan Bandung memang cukup terkenal memiliki potensi alam yang luar biasa indah. Tak salah jika saat akhir pekan dan liburan tiba banyak keluarga yang menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan dan berwisata di kota Kembang Bandung. Salah satu objek wisata alam yang cukup terkenal di kota ini adalah Perkebunan teh rancabali yang berlokasi di Patengan, Daerah Ciwedey, Bandung. Di perkebunan ini nampak hamparan kebun teh yang sangat luas, sejauh mata memandang akan nampak seperti permadani hijau yang memanjakan setiap pandangan mata.

Posisi perkebunan teh rancabali berada di tengah-tengah antara jalan kawah putih dan situ patengan. Banyak wisatawan yang sengaja datang ke lokasi perkebunan hanya untuk melihat keelokan pemandangan kebuh teh yang melegenda tersebut. Susunan pepohonan teh yang berjajar rapi terlihat cukup menyejukkan mata, ditambah dengan kesegaran udara disekitar perkebunan teh yang membuat suasana terada semakin syahdu. Di lokasi perkebunan memiliki udara yang masih sejuk alami karena kawasan ini berada pada ketinggian sekitar 1.628 meter dari atas permukaan laut.

Tiket Masuk Ke Perkebunan Teh Rancabali
Lokasi perkebunan teh rancabali cukup dekat dengan objek wisata kawah putih, bagi anda yang berkunjung ke kawah putih tentu tak akan kesulitan menemukan perkebunan teh ini. Untuk dapat menuju ke perkebunan teh rancabali anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, apabila datang dari arah jakarta bisa melalui tol cipularang kemudian keluar di tol kopo Bandung. Perjalanan dilanjutkan menuju ciwedey, setelah sampai di daerah ciwedey anda bisa langsung melihat banyak perkebunan teh.

Di situlah letak wisata Bandung perkebunan teh ciwedey, untuk dapat melihat keindahan perkebunan teh rancabali anda tak akan dikenakan tiket masuk. Anda bebas melihat-lihat perekebunan teh ini disepanjang jalan yang akan menuju ke situ patenggang. Di kawasan perkebunan ini bisa anda jadikan sebagai tempat beristirahat sejenak sambil melepas penat akibat perjalanan jauh. selain itu, anda juga dapat mengambil foto dengan latar perkebunan teh yang terhampar luas nan hijau.

Di perkebunan teh ini, para pengunjung jaga diperbolehkan untuk memasuki area perkebunan serta berdiri di tengah hamparan kebun teh dengan tinggi sepinggang orang dewasa. pengalaman yang tak terlupakan tentunya bisa berfoto sambil menghirup sejuknya udara pegunungan di perkebunan teh rancabali.

6. Sendang Geulis Kahuripan

sendang geulis kahuripan
Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan merupakan salah satu tempat wisata Bandung yang hits di kalangan wisatawan lokal hingga mancanegara. Sendang Geulis Kahuripan terletak di Ganjarsari, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat. Spot wisata yang satu ini merupakan sebuah mata air yang sangat cantik, memberikan kesegaran, kesejukan, dan suasana alam yang masih belum terjamah oleh banyak tangan manusia kepada para pengnjungnya. Mata air ini dikelilingi dengan rimbunnnya pepohonan dengan bebatuan yang kokoh, lokasi ini juga dekat dengan pesawahan sehingga memperlihatkan suasana yang sangat indah.

Berlibur ke Sendang Geulis Kahuripan
Banyak aktifitas yang bisa anda lakukan ketika mengunjungi tempat wisata yang satu ini, anda bisa berendam, bermain air, mandi, dan berenang di mata ar ini. Jangan khawatir! Sendang Geulis Kahuripan mempunyai karakteristik air yang sangat jernih dan berwarna biru, bahkan jika dilihat dari kejauhan, anda bisa melihat dasar dari mata air tersebut meskipun samar-samar tidak jelas.
Berendam dan mandi di kawasan wisata ini dipercaya mempunyai khasiat untuk tubuh khususnya untuk kulit anda, air nya mempunyai manfaat dapat menghaluskan kulit dan membuat anda lebih awet muda! Tak heran banyak sekali para pengunjung Sendang Geulis Kahuripan dari berbagai kalangan hanya ingin membuktikan berbagai mitos tersebut. Tempat wisata ini juga merupakan spot menarik dan favorit untuk berfoto, bahkan beberapa orang ada yang memilih spot wisata ini sebagai latar tempat foto tahunan sekolah nya.

Untuk masuk ke kawasan wisata Bandung yang satu ini, anda akan dikenakan biaya Rp 10.000,- dan biaya parkir tambahan jika membawa kendaraan. Fasilitas di Sendang geulis Kahuripan juga bisa disebut cukup memadai, sudah disediakan fasilitas umum seperti warung penjual makanan, area parkir yang cukup luas, saung untuk beristirahat, tempat ganti baju, toilet umum, dan papan informasi. Untuk masuk ke area wisata ini, anda harus berjalan kaki dari area parkir dengan jarak yang lumayan melelahkan, namun rasa lelah tersebut akan segera terbayarkan ketika anda tiba di Sendang Geulis Kahuripan. Jadi, tunggu apalagi! Ayok rencanakan liburanmu ke Sendang geulis Kahuripan!


7. Bukit Moko

bukit moko
Bukit Moko

Bukit Moko mungkin merupakan salah satu wisata bandung yang kurang populer dibandingkan destinasi wisata lain yang ada di kota kembang tersebut. Padahal, Bukit Moko yang merupakan taman wisata alam memiliki panorama yang begitu indah dan alami. Lokasinya berada di Kampung Buntis Bongkor, daerah Cimenyan. Akses lokasinya cukup mudah dari pusat kota Bandung, dapat ditempuh menggunakan angkot, lalu dilanjutkan dengan menaiki ojek, namun wisatawan harus pandai menawar ongkosnya agar tidak dicurangi oleh oknum penarik ojek yang ada di sana.

Puncak Bukit Moko sendiri disebut sebagai Bukit Bintang di mana terbentang dengan jelas tata letak Kota Bandung dari ketinggian mencapai 1500 meter di atas laut tersebut. Untuk mencapai Bukit Bintang, pengunjung harus mendaki beberapa saat dengan ditemani pemandangan indah hutan pinus ala film Hollywood populer Twilight. Jika lelah mendaki, tersedia sebuah warung yang diberi nama Warung Daweung. Lokasi wisata kuliner di dalam areal Bukit Moko ini menawarkan pemandangan hamparan bukit hijau yang sangat indah yang dapat dinikmati pengunjung sembari makan.

Saat terbaik untuk mengunjungi Bukit Moko adalah menjelang senja, ketika matahari akan tenggelam. Sebab, Bukit Moko memang tersohor sekali dengan panorama sunset-nya yang indah. Setelah itu, disusul dengan pemandangan lampu-lampu kota yang menyala di seantero Bandung yang dikenal dengan pemandangan city light. Jika mau, wisatawan juga bisa menginap di Bukit Moko atau puncak Bukit Bintang. Namun, untuk perlengkapan seperti tenda dan perbekalan harus membawa sendiri dikarenakan belum ada yang menyediakan jasa persewaan alat-alat kemping di areal tersebut.

Untuk masuk ke dalam kawasan Bukit Moko, pengunjung dikenakan tarif tiket sebesar Rp. 15.000,- per orang, yang belum termasuk tiket masuk Bukit Bintang ataupun Warung Daweung walaupun berada dalam satu areal yang sama. Tiket masuk Bukit Bintang dipatok sebesar Rp. 8.000,- per orang, sedangkan untuk Warung Daweung sebesar Rp. 10.000,- di luar harga menu makanan dan minuman yang ditetapkan. Walaupun tergolong cukup mahal untuk sebuah destinasi wisata alam, namun harga yang dibayar sebanding dengan kepuasan yang akan didapatkan oleh wisatawan.
Back To Top